Tak Punya Kendaraan Khusus, Diskesos  Pelalawan Akui Kesulitan Tangani Pasien Gangguan Jiwa

Tak Punya Kendaraan Khusus, Diskesos  Pelalawan Akui Kesulitan Tangani Pasien Gangguan Jiwa
Ir H T Mukhtaruddin MSi

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Ir H T Mukhtaruddin MSi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan kepada media ini, Kamis 28 Maret 2019, sampaikan bahwa pihaknya masih kesulitan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan kepada mederita ganguan jiwa. 

Ia menyebut saat ini Diskesos belum memiliki mobil khusus.

"Ya, kita belum memiliki kendaraan khusus untuk warga kita yang mengalami gangguan jiwa. Sehingga kita kesulitan dalam memberikan pelayan, terutama antar jemput kerumah sakit jiwa. Sementara rumah sakit jiwa kita belum punya, sehingga pasien tersebut kita antar ke RS Jiwa Panam Pekanbaru mengunakan mobil pribadi," ujarnya.

Melihat kondisi ini sambung Ir H T Mukhtaruddin MSi, Diskesos sangat membutuhkan unit mobil operasional layanan sosial yang sekarang masih menggunakan mobil umum sehingga sangat beresiko sebagai kendaraan penanganan penderita gangguan jiwa. 

Mobil operasional dibutuhkan untuk mendukung kinerja layanan sosial, karena selama ini kendaraan jenis ini belum dimiliki.

"Selama ini kita pakai mobil biasa, tentu sangat berisiko bagi staf kita. Karena mobil biasa tidak dilengkapi sistem pengamanan, sangat membahayakan pegawai kita. Karena kita tahu yang kita bawa orang dengan gangguan kejiwaan," ujarnya.

"Kita sudah mengusulkan mobil operasional tersebut melaui dana APBN. Dan termasuk mobil yang difungsikan sebagai dapur umum. Kendaraan ini dibutuhkan saat terjadi bencana, seperti saat banjir," tutupnya. (R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index